Senin, 08 Januari 2018

Agra Mas Double Decker Scania K410IB



Bertambah lagi perusahaan operator bus malam yang mengoperasikan bus double decker Scania K410IB di Indonesia. Adalah Perusahaan Otobus (PO) Agra Mas yang akan segera mengoperasikan bus malam double decker ini di lintasan trayek Pulau Jawa. PO Agra Mas akan memperkuat armada bus double decker Scania-nya sebanyak 2 unit dalam balutan bodi Jetbus 2+ SDD dari Karoseri Adi Putro.



Hadirnya bus double decker Scania K410IB ini akan memperkuat armada bus malam double decker yang dimiliki PO Agra Mas. Sebelumnya, perusahaan ini sudah mengoperasikan 2 unit bus double decker bermesin Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 di trayek Bogor-Jakarta-Wonogiri PP dan mendapat respon positif konsumen.


Bus double decker Scania K410IB PO Agra Mas ini dirancang dengan kabin dua lantai masing-masing di lantai atas yang mampu menampung hingga 38 an penumpang kelas eksekutif dan 6 sampai 8 penumpang kelas super eksekutif atau eksekutif.

Bus ini diperkirakan baru saja diberangkatkan dari Karoseri Adi Putro di Malang pada Kamis 7 Desember 2017 kemarin. Menurut laporan netizen Andri Nuryanto, Jumat pagi tadi posisi bus sudah berada di Terminal Bus Boyolali untuk transit.



Untuk akses naik dan turun penumpang, bus ini dilengkapi dua pintu masing-masing di bagian depan dan tengah badan bus sebelah kiri.

Chassis bus Scania K410IB Opticruise 6×2*4 dibekali mesin DC13 107 K01 Euro 3 enam silinder segaris berkapasitas 13 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 410 HP.

Fitur-fitur keamanannya antara lain, Downhill Speed Control yang mengontrol kecepatan bus saat melewati jalan menurun, Hill Hold untuk membuat bus tetap aman saat dalam posisi berhenti saat berada di jalan menanjak. Tak ketinggalan, ada juga fitur Retarder, Anti-lock Braking System, Electronic Braking System dan Automatic Slack Adjuster.

Scania K410IB/6×2*4 Opticruise juga dilengkapi Scania PDE injection untuk mengontrol injeksi bahan bakar menuju ruang pembakaran.

Untuk geabox-nya, bus ini menggunakan transmisi Scania GR895R, 12 percepatan plus Retarder. Fitur opticruise (automatic gear shifting) memungkinkan bus ini dapat dioperasikan dengan tiga mode pilihan. Yakni, standar, ekonomi atau bertenaga. Dua unit bus double decker Scania K410IB ini menurut informasi akan dioperasikan sebagai armada bus malam jurusan Tangerang-Jepara PP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar